Callista's World

Callista's everyday world…from her favorite songs to her accomplishments…

Feb
06

belajar ngaji

Posted by Callista

Kemarin ada kejadian yang lucu dan membuat haru, seengganya untuk Bunda. Seperti biasa, setiap hari kerja, setelah Bunda sampai dirumah, beres bersihbersih diri, terus biasanya Bunda makan malam *yang ga pernah lepas dari menu tambahan special*, kadang kalo pas acaranya emang bagus, Bunda sempetin nonton TV sebentar *sebenernya sie nonton TV udah lumayan jarang, secara selalu di dominasi ama Kay*. Terus mainmain deh ama Kay, entah main komputer, entah mewarnai atau apapun kegiatan yang dipilihin ama Kay malam itu dan sebelum Bunda bacain cerita untuk Kay menjelang tidur, Bunda biasain untuk sholat Isya dulu, karena takut kalo udah ngelonin Kay bobo, Bunda pun lanjut bobonya ampe pagi.

Tapi minta ijin sholat ama Kay itu agakagak susah. Mungkin karena menurut dia, sedikit ganggu jadwal main sama Bundanya. Tapi kemarin tuh anehnya, gampang banget minta ijin ama Kay untuk sholat. Mungkin karena dia masih disibukin ama games di komputer, jadi kata ‘iya cepet banget keluar dari mulutnya.

Mumpung diijinin, Bunda cepetcepet wudlu terus sholat. Selesai sholat, nengok ke belakang, Bunda liat Kay masih seru ama gamesnya, ya Bunda lanjutin sholatnya sama ngaji. Mungkin karena denger suara Bunda lagi ngaji, Kay sadar kalo Bunda udah selesai sholatnya, jadi tibatiba ada tangan kecil yang disodorin ke deket muka Bunda, hehehehe dia mau salim *duuuhhh senengnya Bunda*.

Biasanya lagi, selesai sholat, Bunda mesti langsung nemenin Kay lagi, nah kemarin jadi sedikit luar biasa karena ga cuma Kay ga maksa Bunda untuk langsung nemenin dia main, tapi dia malah duduk di depan Bunda dan dengerin Bundanya ngaji. Terus tibatiba Kay ngomong pelan banget *kayak takut ganggu Bunda*”Bun, Bunda ngaji supaya dapet adek ya?”. -Emang udah beberapa bulan terakhir ini, Kay pengen banget punya adek, sampe pernah nanya gini, ‘Bun, kok Bunda udah sholat, adeknya belum ada juga? Minta dong sama Allah Bun’ -kurang lebih gitu lah permintaan yang pernah dibilang Kay ke Bunda. Denger pertanyaan kayak gitu dari Kay, Bunda cuma nganggukin kepala, yang langsung dibales ama acungan jempol ama Kay. Mungkin dia mau bilang ‘good job Bun’.

Abis ngacungin jempol, Kay nerusin lagi main di komputernya. Ga lama, dia balik lagi. Sekarang ‘sedikit’ gangguin Bunda karena ngebuka mukena Bunda dan ikut masuk di dalemnya’ jadi kta kayak pake tenda mukena. Tapi dia diem aja dengerin Bunda ngaji sambil sesekali nunjuknunjuk tulisan di al-quran, niruin gerakan tangan Bunda. Nah, yang lucu sembari nunjuknunjuk gitu, tautau dia baca ‘Allahumma baarik lanaa, fiimaa razaqtanaa wa qinaa adzaabannar’.

Hehehehehehhehe, mungkin Kay pengen ikut ngaji, tapi karena satusatunya doa yang dia apal ya itu, doa mau makan, secara setiap kali dia mau makan, disekolah atau dirumah, mesti diawali dulu baca doa itu.

Nyeeessss aja rasanya dada Bunda. Sejuk banget rasanya. Senang juga tak terkira. Diumurnya yang baru 3 tahun 4 bulan, Kay udah dengan fasih hapal doa sebelum makan. Mungkin untuk orang lain itu bukan hal yang penting, tapi untuk Bunda, tak ternilai rasanya. Maha Penting. Karena sejak dini ternyata Bunda bisa sedikit demi sedikit mem-balance hidupnya Kay, secara dia ga cuma tau ‘umbrella’nya Rihanna, tapi juga bisa membaca doa. Selesai Kay baca doa itu, ga tahan, Bunda langsung cium pipi dan keningnya, sambil bilang “Aduuuh…alhamdulillah, pinter sekali ya anak Bunda, insya Allah Kay akan makin pinter gini sampe Kay besar nanti ya Nak…”

Beneran deh, perasaan Bunda ga bisa di ucapin deh. Bangga, senang dan terharu campur aduk jadi satu. Mungkin ini juga yang dirasain sama kebanyakan orang tua, tapi itu semua ga mengurangi semua rasa yang Bunda rasain saat itu. Pokoknya membuncah rasanya.

Terima kasih sekali lagi ya Nak, udah jadi anak Bunda yang baik… semoga sampai besar nanti Kay tetep baik dan selalu jadi nak sholeha… amiiin….

  1. alda Said,

    bagus akusuka
    hihihi ^_^

Add A Comment