Callista's World

Callista's everyday world…from her favorite songs to her accomplishments…

Archive for the ‘berani’ Category

Feb
09

belajar dari anak: mengatasi rasa takut

Posted by Callista

Anak-anak walaupun masih kecil, masih pendek jam terbang di dunia ini, ternyata punya kemampuan besar untuk menjadi guru bagi manusia dewasa. Seengganya, itu yang Bunda rasain sama Kay. Ga cuma satu dua kali Bunda belajar dari Kay, seringkali malah.

Kayak kejadian minggu lalu, waktu Bunda, Dadda sama Kay makan pempek di daerah radio dalam. Seperti kebanyakan tempat makan pengemis dan pengamen seperti layaknya menu tambahan di sana.

Begitu turun dari mobil, udah keliatan se orang anak kecil yang bawa karung. Mungkin karena takut, Kay langsung pegang tangan Bunda kenceng-kenceng, tapi masih hebat karena cuma pegang tangan aja, ga minta gendong.

Sampe di dalem rumah makan, setelah makanan kita dianter, Kay ngomong gini:

Kay: “Bun, tadi di depan itu anak karung ya??”

Bunda: “Iya, tadi Kay liat sendiri kan, dia kedinginan tuh duduk di luar, tapi ngga punya uang untuk beli makanan atau ongkos buat naik bis”

Kay: “Nanti kalo kita pulang, kasih uang ya Bun?”

Bunda: “Iya, tapi Kay yang kasih ya?”

Kay: “Ngga mau ah, takut… Bunda ajah”

Bunda: “Ya ngga dong nak, Kay aja, biar Kay bisa belajar berbagi ya?”

Denger Bunda ngomong gitu, Kay diem aja. Mungkin dia lagi mikir, kok kenapa Bunda bilang berbagi? Karena biasanya, yang menyangkut berbagi itu ya masalah mainan. Kok tiba-tiba Bunda bilang disuruh berbagi sama kakak yang bawa karung?

Tapi ternyata, Kay ngerti sama omongan Bunda kok, karena waktu makanan kita hampir habis, dia bilang,

Kay “Bun, jangan lupa ya, nanti kasih ke anak karung di depan”

Bunda “Ya kalo Bunda sie terserah Kay aja, kalo emang mau ya silahkan. Nanti Bunda kasih uangnya.”

Denger Bunda ngomong seperti itu, Kay diem lagi. Tapi begitu Dadda selesai bayar, Kay langung nyodorin tangannya, minta uang, langsung aja Bunda keluarin uang kecilnya. Dan beneran loh,  begitu keluar dari rumah makan itu, dengan berani Kay langsung kasih uang-nya ke anak kecil yang bawa karung tadi.

Ternyata ada anak kecil satu lagi yang juga bawa karung, Kay langsung narik tangan Bunda sambil bisikin, “Bun, minta lagi dong, yang satunya belum dikasih.”

Alhamdulillah, ternyata anak Bunda udah bisa ngerti apa itu berbagi dan udah dengan berani-nya ngasih ‘sedekah’ buat anak yang ga seberuntung dia, walaupun sebenernya Kay masih takut-takut, tapi Kay bisa ngalahin rasa takutnya dengan menghadapi rasa takut itu.

Ternyata ga pa pa kan ya Nak, cuma kasih uang aja ama anak-anak yang kurang beruntung itu? Bunda Dadda bangga sekali sama Kay dan juga mau terima kasih sama Kay, udah ngajarin Bunda bahwa takut itu bisa dikalahin kok, dengan keberanian.

I love you baby…..